Kurikulum
Kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI dan SKKNI menjadi salah satu strategi yang dilakukan prodi sekaligus sebagai upaya mengakomodir era industri 4.0 dan financial technology Bidang Keuangan yang saat ini terus berkembang. Prodi Analisis Keuangan Sarjana Terapan FBE UII disusun dengan total beban pembelajaran 144 Satuan Kredit Semester (SKS) yang terdiri dari 80 sks mata kuliah kompetensi, 40 sks mata kuliah pendukung dan 24 sks mata kuliah universitas serta 60 Satuan Kredit Partisipatif (SKP), yang ditempuh selama 4 (empat) tahun. Beban 144 SKS ini berupa mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa dalam 8 (delapan) semester termasuk magang pada semester 7 (tujuh), serta tugas akhir berupa penelitian terapan dan KKN pada semester 8 (delapan). Dalam satu semester, mahasiswa akan menempuh pembelajaran maksimal 20 SKS. Metode pembelajaran yang dijalankan beragam seperti project-based learning, product-based learning, problem-based learning, case-based learning, dan lainnya.
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK111 | Akuntasi Pengantar | Introduction to Accounting | Collaborative Learning | 3 | – |
UNI607 | Bahasa Indonesia untuk Komunikasi Ilmiah | Indonesian for Scientific Communication | Cooperative Learning | 2 | – |
VAK131 | Ekonomi Keuangan Syariah | Islamic Financial Economics | Cooperative Learning | 2 | – |
VAK112 | Ekonomi Makro | Macroeconomics | Collaborative Learning | 3 | – |
VAK113 | Ekonomi Mikro | Microeconomics | Collaborative Learning | 3 | – |
VAK114 | Manajemen Pengantar | Introduction to Management | Self-Directed Learning | 3 | – |
UNI600 | Pendidikan Agama Islam | Islamic education | Contextual Learning | 2 | – |
UNI603 | Pendidikan Pancasila | Education of Pancasila | Self-Directed Learning | 2 | – |
Jumlah SKS | 20 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK231 | Akuntansi Keuangan Syariah | Islamic Financial Accounting | Collaborative Learning | 3 | Pernah Mengambil Akuntansi Pengantar |
VAK221 | Financial Technology | Financial Technology | Small Group Discussion | 3 | – |
UNI601 | Islam Ulil Albab | Islam Ulil Albab | Contextual Learning | 3 | Pernah Mengambil Pendidikan Agama islam |
VAK222 | Manajemen Keuangan | Financial Management | Problem Based Learning | 3 | – |
VAK211 | Matematika Keuangan | Financial Mathematics | Problem Based Learning | 3 | – |
UNI604 | Pendidikan Kewarganegaraan | Civic Education | Self-Directed Learning | 2 | – |
VAK232 | Produk dan Layanan Lembaga Keuangan Syariah | Products and Services of Islamic Financial Industries | Self-Directed Learning | 3 | – |
Jumlah SKS | 20 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK321 | Asuransi Syariah | Islamic Insurance | Cooperative Learning | 2 | Pernah mengambil Produk dan Layanan Lembaga Keuangan Syariah |
VAK322 | E- Know Your Customer | E- Know Your Customer | Collaborative Learning | 3 | – |
VAK311 | General English | General English | Small Group Discussion | 2 | – |
UNI602 | Islam Rahmatan Lil Alamin | Islam Rahmatan Lil Alamin | Contextual Learning | 3 | – |
UNI605 | Kewirausahaan Syariah | Islamic Entrepreneurship | Project Based Learning | 2 | – |
VAK323 | Pembiayaan Perbankan | Islamic Banking Financing | Small Group Discussion | 3 | Pernah mengambil Produk dan Layanan Lembaga Keuangan Syariah |
VAK324 | Perpajakan | Taxation | Self-Directed Learning, Discovery Learning |
2 | – |
VAK312 | Statistika Deskriptif | Descriptive Statistics | Cooperative Learning | 3 | Pernah mengambil Matematika Keuangan |
Jumlah SKS | 20 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK421 | Analisis Laporan Keuangan Syariah | Islamic Financial Statement Analysis | Collaborative Learning | 3 | Pernah mengambil Akuntansi Keuangan Syariah |
VAK431 | Etika Bisnis Islam dan Profesi | Islamic and Professional Business Ethics | Collaborative Learning | 2 | – |
VAK422 | Manajemen Aset dan Liability (ALMA) | Asset and Liability Management (ALMA) | Problem Based Learning | 2 | Pernah Mengambil Manajemen Keuangan |
VAK423 | Manajemen Risiko | Risk Management | Problem Based Learning | 3 | Pernah mengambil Produk dan Layanan Lembaga Keuangan Syariah |
VAK424 | Pasar Modal dan Investasi Syariah | Islamic Capital Market and Investment | Small Group Discussion | 2 | Pernah mengambil Produk dan Layanan Lembaga Keuangan Syariah |
VAK425 | Praktik Perpajakan | Tax Practice | Cooperative Learning | 3 | Pernah mengambil Perpajakan |
VAK411 | Statistika Induktif | Inductive Statistics | Cooperative Learning | 3 | Pernah mengambil Matematika Keuangan |
VAK426 | Teknik Penilaian Aset | Assets Valuation Techniques | Project Based Learning | 2 | Pernah mengambil Pembiayaan Perbankan |
Jumlah SKS | 20 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK511 | English for Communication | English for Communication | Role Play Simulation | 2 | – |
VAK521 | Analisis Kuantitatif dan Kualitatif | Quantitative and Qualitative Analysis | Problem Based Learning | 3 | Pernah mengambil Statistika Deskriptif, Statistika Induktif |
VAK522 | Analisis Teknikal dan Fundamental | Technical and Fundamental Analysis | Problem Based Learning | 3 | Pernah mengambil Pasar Modal dan Investasi Syariah |
VAK523 | Praktik Analisa Pembiayaan | Financing Analysis Practice | Project Based Learning | 3 | Pernah mengambil Pembiayaan Perbankan |
VAK524 | Praktik Teknik Penilaian Aset | Asset Valluation Techniques Practice | Project Based Learning | 3 | Pernah mengambil Teknik Penilaian Aset |
VAK525 | Sistem Informasi Manajemen | Management Information System | Cooperative Learning | 3 | Pernah mengambil Pengantar Manajemen |
VAK526 | Teknik Komunikasi | Communication Techniques | Role Play Simulation | 2 | – |
Jumlah SKS | 19 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
UNI606 | English for Finance | English for Finance | Small Group Discussion | 2 | – |
VAK611 | Leadership Management | Leadership Management | Contextual Learning | 2 | – |
VAK612 | Metode Penelitian Terapan | Applied Research Methods | Project Based Learning, Discovery Learning |
3 | Pernah mengambil Analisis Kuantitatif dan Kualitatif |
VAK621 | Pemasaran Produk dan Jasa Keuangan Syariah | Marketing of Islamic Financial Products and Services |
Project Based Learning | 2 | Pernah mengambil Teknik Komunikasi |
VAK622 | Praktik Aplikasi Komputer Keuangan | Financial Computer Application Practice | Cooperative Learning | 2 | – |
VAK623 | Praktik Manajemen Risiko | Risk Management Practice | Cooperative Learning | 3 | Pernah mengambil Manajemen Risiko |
VAK625 | Praktik Service Excellent | Excellent Service Practice | Project Based Learning | 2 | Pernah mengambil Teknik Komunikasi |
VAK624 | Praktik Pasar Modal dan Investasi Syariah | Islamic Capital Market and Investment Practicum |
Role Play Simulation | 3 | Pernah mengambil Pasar Modal dan Investasi Syariah |
Jumlah SKS | 19 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
VAK721 | Magang Industri | Internship | Teaching Industry, Discovery
Learning |
20 | Mata Kuliah Kompetensi yang dipersyaratkan Lulus Minimal C |
Jumlah SKS | 20 |
Kode | Nama Mata Kuliah | Terjemahan Nama Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris | Bentuk Pembelajaran *) | Bobot sks | Prasyarat |
UNI609 | Penelitian Terapan | Applied Research | Problem Based Learning | 4 | Pernah mengambil Metode Penelitian Terapan |
UNI608 | KKN Tematik | Thematics Community Service Program | Project Based Learning, Discovery Learning |
2 | Mata Kuliah Ulil Albab dan Mata Kuliah Kompetensi yang dipersyaratkan Lulus Minimal C |
Jumlah SKS | 6 |